Sosok Istri Sunan Kudus | Artikel Sunan Kudus | Sunan Kudus | Ilmu Hakikat Sunan Kudus - www.sunan-kudus.com
Sunan Kudus

Sosok Istri Sunan Kudus

Sunan Kudus mempunyai 2 istri. Salah satu istrinya yang kemudian menurunkan seorang putra bernama Amir Hasan adalah putri Sunan Bonang yang bernama Dewi Ruhil. Sementara yang istri kedua adalah anak dari Pecattandha Terung Majapahit. Dari istri kedua ini, Sunan Kudus mendapatkan 8 orang anak. Delapan anak itu bernama Ratu Pakojo, Nyi Ageng Pembayun, Panembahan Karimun, Panembahan Kodhi, Panembahan Mekaos Honggokusumo, Panembahan Karimun, Panembahan Joko, Panembahan Mekaos Honggokusumo, dan Ratu Prodobinabar.

Yang menarik dari istri Sunan Kudus adalah pada silsilahnya. Yaitu pada istri kedua. Istri kedua merupakan anak dari Pecattandha Terung. Padahal, ayah Sunan Kudus yang menjadi panglima perang Demak justru terbunuh oleh Pecattandha Terung sang panglima Majapahit saat berperang dengan Kerajaan Majapahit.

Pada masa itu, Majapahit yang telah berada dibawah kekuasaan Girindrawardhana, hendak menyerang kerajaan Demak, Karena tidak suka dengan keberadaan kerajaan Demak yang semakin jaya. Namun dengan kekuasaannya yang makin lemah, Girindrawardhana merasa tak mampu menghancurkan kerajaan Demak. Maka dari itu Majapahit meminta bantuan Portugis yang tengah berkuasa di Malaka untuk menghancurkan kerajaan Demak.

Namun sebelum serangan dari Portugis datang, Demak sudah lebih dulu menyerang kekuatan Majapahit yang telah pindah ke daerah Kediri. Keberhasilan yang telah diraih itu adalah berkat Sunan Kudus, yang telah menggantikan ayahnya menjadi panglima perang Demak.

Setelah Majapahit dapat ditaklukkan, Pecatandha Terung turut tunduk dan ikut ke kerajaan Demak. Bahkan anaknya diperistri oleh Sunan Kudus. Maka wajar di sekitar makam Sunan Kudus terdapat makam Pecattandha Terung dengan istri dan anak-anaknya.